1. Diketahui :
T2=200C
m2 = 2000g = 2kg
T1=900C
Tc=620C
c1,2 = 4200 J/Kg0C
Ditanya :
m1 = ?
Jawab :
Q1 = Q2
m1 . c1 . (T1-Tc)= m2 . c2 . (Tc-T2)
m1 . 4200 J/Kg0C . (900C-620C)= 2kg . 4200 J/Kg0C . (620C-200C)
m1 . 4200 J/Kg0C . (280C)= 2kg . 4200 J/Kg0C . (420C)
m1 . (280C)= 2kg . (420C)
m1 . (280C)= 84kg0C
m1 = 84kg0C / 280C
m1 = 3kg
2.Diketahui :
T2=200C
m1 = 4kg
T1=1000C
Tc=520C
c1,2 = 4200 J/Kg0C
Ditanya :
m2 = ?
Jawab :
Q1 = Q2
m1 . c1 . (T1-Tc)= m2 . c2 . (Tc-T2)
4kg . 4200 J/Kg0C . (1000C-520C)= m2 . 4200 J/Kg0C . (520C-200C)
4kg . 4200 J/Kg0C . (480C)= m2 . 4200 J/Kg0C . (320C)
4kg . (480C)= m2 . (320C)
4kg . (480C)= 320C . m2
m2 = 4kg . (480C) / 320C
m2 = 6kg
3. Diketahui :
T2=300C
m2 = 2kg
T1=600C
m1 = 2Kg
c1,2 = 4200 J/Kg0C
Ditanya :
Tc=.....0C
Jawab :
Q1 = Q2
m1 . c1 . (T1-Tc)= m2 . c2 . (Tc-T2)
2Kg . 4200 J/Kg0C . (600C-Tc0C)= 2kg . 4200 J/Kg0C . (Tc0C-300C)
2Kg . (600C-Tc0C)= 2kg .(Tc0C-300C)
120Kg0C-2kgTc0C= 2kg Tc0C-60kg0C
120Kg0C + 600kgC = 2kg Tc0C + 2kgTc0C
180Kg0C = 4Tc0kg
Tc = 180Kg0C / 4kg
Tc = 450C
4. Diketahui :
T2=100C
m2 = 30kg
T1=900C
m1 = 10Kg
c1,2 = 4200 J/Kg0C
Ditanya :
Tc=.....0C
Jawab :
Q1 = Q2
m1 . c1 . (T1-Tc)= m2 . c2 . (Tc-T2)
10Kg . 4200 J/Kg0C . (900C-Tc0C)= 30kg . 4200 J/Kg0C . (Tc0C-100C)
10Kg . (900C-Tc0C)= 30kg .(Tc0C-100C)
900Kg0C-10kgTc0C= 30kg Tc0C-300kg0C
900Kg0C + 3000kgC = 30kg Tc0C + 10kgTc0C
1200Kg0C = 40Tc0kg
Tc = 1200Kg0C / 4kg
Tc = 300C
5. Diketahui :
T2=100C
m1 = 150kg
T1=900C
Tc=400C
c1,2 = 4200 J/Kg0C
Ditanya :
m2 = ?
Jawab :
Q1 = Q2
m1 . c1 . (T1-Tc)= m2 . c2 . (Tc-T2)
150kg . 4200 J/Kg0C . (900C-400C)= m2 . 4200 J/Kg0C . (400C-100C)
150kg . 4200 J/Kg0C . (500C)= m2 . 4200 J/Kg0C . (300C)
150kg . (500C)= m2 . (300C)
150kg . (500C)= 300C . m2
m2 = 150kg . (500C) / 300C
m2 = 250kg
6. Diketahui :
T2=100C
m2 = 0,52kg
T1=900C
m1 = 0,1Kg
c1 = 380 J/Kg0C
c2 = 4200 J/Kg0C
Ditanya :
Tc=.....0C
Jawab :
Q1 = Q2
m1 . c1 . (T1-Tc)= m2 . c2 . (Tc-T2)
0,1Kg . 380 J/Kg0C . (900C-Tc0C)= 0,5kg . 4200 J/Kg0C . (Tc0C-100C)
38 J/Kg0C . (900C-Tc0C)= 2100J/0C .(Tc0C-100C)
3420Kg0C-38kgTc0C= 2100kg Tc0C- 21000kg0C
3420Kg0C + 210000kgC = 2100kg Tc0C + 38kgTc0C
24420Kg0C = 2138Tc0kg
Tc = 24420Kg0C / 2138kg
Tc = 11,40C
7. Diketahui : T2=100C
m2 = 250g = 0,25 Kg
T1=1000C
m1 = 200Kg = 0,2 Kg
c1,2 = 4200 J/Kg0C
Ditanya :
Tc=.....0C
Jawab :
Q1 = Q2
m1 . c1 . (T1-Tc)= m2 . c2 . (Tc-T2)
0,2Kg . 4200 J/Kg0C . (1000C-Tc0C)= 0,25kg . 4200 J/Kg0C . (Tc0C-100C)
0.2Kg . (1000C-Tc0C)= 0,25kg .(Tc0C-100C)
20Kg0C-0,2kgTc0C= 0,25kg Tc0C - 2,5kg0C
20Kg0C + 2,50kgC = 0,25kg Tc0C + 0,2kgTc0C
22,5Kg0C = 0,45Tc0kg
Tc = 22,5Kg0C / 0,45kg
Tc = 500C
Soal Cermin Lengkung
Senin, 08 April 2013
1. Sebuah benda
diletakan di depan cermin cekung pada jarak 6 cm. Jarak bayangan ke cermin 3
cm. Hitunglah jarak fokus cermin tersebut?
2. Sebuah paku
berada di depan cermin cekung pada jarak 12 cm. Jarak bayangan ke cermin 6 cm.
Tentukanlah jari-jari kelengkungan cermin cekung?
3. Ani meletakkan
pensil di depan cermin cekung, jarak bayangannya 15 cm. Cermin tersebut
memiliki jarak fokus 5 cm. Hitunglah jarak pensil dari cermin?
4. Budi meletakkan paku yang tingginya 4 cm di
depan cermin cekung. Tinggi bayangan paku 12 cm. Maka perbesaran bayanganya
yaitu....
5. Sebuah paku
berada di depan cermin cekung pada jarak 8 cm. Jarak fokus cermin adalah 4 cm.
a.
Tentukanlah jarak bayangan yang terbentuk
b.
Tentukan perbesaran bayangannya
c.
Jika tinggi paku adalah 3 cm, berapakah tinggi
bayangannya?
6. Sebuah lilin
berdiri tegak di depan sebuah cermin cembung pada jarak 3 cm. Tinggi lilin dan
jarak fokus cermin adalah 10 cm. Tentukan :
a.
Letak bayangan
b.
Perbesaran bayangan
c.
Tinggi bayangan lilin pada cermin
|
Soal Gerak
1. Buatlah garfik laju terhadap waktu dari data dibawah
ini!
Laju
(m/s)
|
Waktu
(s)
|
4
|
1
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
2. Buatlah grafik jarak terhadap waktu dari data
dibawah ini!
Jarak
(m)
|
Waktu
(s)
|
4
|
2
|
8
|
4
|
12
|
6
|
16
|
8
|
20
|
10
|
3. Konversikan satuan kelajuan berikut!
a.
80 km/jam =
…………….m/s
b.
40 m/s =
…………………km/jam
c.
45 km/jam =
……………..m/s
d.
5 m/s =
…………………km/jam
4. Sebuah mobil melaju ke arah utara sejauh 8 km dalam
waktu 15 menit. Berapakah kelajuan dan kecepatannya(dalam km/jam)?
5. Sebuah bus melaju di jalan tol yang lurus. Selama 30
menit pertama bus itu menempuh jarak 45km. 15 menit berikutnya bus menempuh
jarak 15km. 15 menit berikutnya bus menempuh jarak 20km. Tentukanlah kelajuan
rata-rata bus tersebut(dalam km/jam)!
6. Anwar melempar bola kearah timur. Bola tersebut
menempuh jarak 10m selama 25 sekon. Berapakah kelajuan dan kecepatan bola
(dalam m/s)?
7. Budi mengendarai mobilnya ke arah barat selama 4jam
dan menempuh 20.000 m. Berapakah kelajuan dan kecepatannya?(dalam km/jam)
Konstruktivisme
Karakteristik Teori
Belajar adalah perubahan proses meng-konstruksi
pengetahuan berdasarkan pengalaman nyata yang dialami para peserta didik
sebagai hasil interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.
Pengetahuan yang mereka peroleh itu adalah hasil
interpretasi pengalaman tersebut yang disusun dalam pikiran/ otak-nya. Jadi
peserta didik belajar bukan berasal dari apa yang diberikan oleh guru,
melainkan merupakan hasil usahanya sendiri berdasarkan hubungannya dengan dunia
sekitar.
Langkah Penerapan Dalam pembelajaran
1. Tetapkan topik yang akan dibahas
2. Temukan idea, opini dan perhatian
siswa melalui interviu, pertanyaan interaktif, survey, mapping konsep
pertanyaan siswa, dan brainstorming;
3. Respon terhadap dan interkasi dengan
pikiran siswa, melalui: pembentukan jembatan (bridges) dan lengkapi tahapan
(scaffolding) bagi siswa untuk mengkonstruksi ide baru, penghilangan
(unpacking) suatu masalah konseptual, terangkan suatu model perbedaan atau
analogi, bangun (constructing) dan evaluasi suatu konsepsi alternatif;
4. Stimulasi/tarik fikiran siswa
dengan mendorong creativitas melalui aktivitas seperti: meletakan tangan di
atas meja untuk menarik perhatian, dorong siswa untuk belajar mengambil resiko,
dorong kemampun metakognitif siswa, dan gunakan strategi belajar kooperatif;
5. Lakukan refleksi – evaluasi diri
6. Taksir (assessing) kemajuan belajar
siswa melalui: perubahan dalam ide siswa, transfer dan keterkaitan ide, belajar
melalui belajar keterampilan, pengulangan (retention) ide baru, dan
peningkatan (improved) hasil test.
7. Atur diskusi kelompok kecil.
8. Berikan kebebasan kepada setiap
kelompok untuk membahas/ mengkaji sub topik yang ada dalam topik
permasalahan utama,
9. Beri kesempatan pada peserta didik
untuk memaparkan hasil belajarnya kepada teman yang lain, untuk melatih
keterampilan dalam berfikir dan berbicara secara kritis tentang hasil
belajarnya.
Lakukan evaluasi terhadap hasil proses belajar
peserta didik.
Behavioristik
Behavioristik
Belajar adalah perubahan tingkahlaku.
Seseorang dianggap telah belajar sesuatu bila ia mampu menunjukkan perubahan
tingkahlaku. Pada teori ini yang terpenting adalah masukkan yang berupa
stimulus dan keluaran yang berupa respons.
Karakteristik
Teori
Adapun apa yang telah terjadi diantara stimulus dan respons
itu dianggap tak penting diperhatikan sebab tidak bisa diamati. Yang bisa
diamati hanyalah stimulus dan respons.
Langkah
Penerapan Dalam pembelajaran
1. Menentukan tujuan-tujuan
Instruksional
2. Menganalisis lingkungan kelas yang
ada saat ini termasuk mengidentifikasikan "entry behavior" peserta
didik (pengetahuan awal peserta didik)
3. Menentukan materi pelajaran (pokok
bahasan)
4. Memecah materi pelajaran menjadi
bagian-bagian kecil (sub pokok bahasan, sub topik)
5. Menyajikan materi pelajaran
6. Memberikan stimulus yang mungkin
berupa : pertanyaan (lisan/tertulis) tes, latihan dan tugas-tugas
7. Mengamati dan mengkaji respon yang
diberikan
8. Memberikan penguatan / reinforcment
positip atau negatif
9. Memeberikan stimulus baru
10. Mengamati dan mengkaji respon yang
diberikan
Memberikan penguatan
Langganan:
Postingan (Atom)