Pages

Manabu Private. Diberdayakan oleh Blogger.

Behavioristik

Senin, 08 April 2013



Behavioristik

Belajar adalah perubahan tingkahlaku. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu bila ia mampu menunjukkan perubahan tingkahlaku. Pada teori ini yang terpenting adalah masukkan yang berupa stimulus dan keluaran  yang berupa respons.

Karakteristik Teori

Adapun apa yang telah terjadi diantara stimulus dan respons itu dianggap tak penting diperhatikan sebab tidak bisa diamati. Yang bisa diamati hanyalah stimulus dan respons.

Langkah Penerapan Dalam pembelajaran

1.      Menentukan tujuan-tujuan Instruksional

2.      Menganalisis lingkungan kelas yang ada saat ini termasuk mengidentifikasikan "entry behavior" peserta didik (pengetahuan awal peserta didik)

3.      Menentukan materi pelajaran (pokok bahasan)

4.      Memecah materi pelajaran menjadi bagian-bagian kecil (sub pokok bahasan, sub topik)

5.      Menyajikan materi pelajaran

6.      Memberikan stimulus yang mungkin berupa : pertanyaan (lisan/tertulis) tes, latihan dan tugas-tugas

7.      Mengamati dan mengkaji respon yang diberikan

8.      Memberikan penguatan / reinforcment positip atau negatif

9.      Memeberikan stimulus baru

10.  Mengamati dan mengkaji respon yang diberikan
Memberikan penguatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Sidebar One