Behavioristik
Belajar adalah perubahan tingkahlaku.
Seseorang dianggap telah belajar sesuatu bila ia mampu menunjukkan perubahan
tingkahlaku. Pada teori ini yang terpenting adalah masukkan yang berupa
stimulus dan keluaran yang berupa respons.
Karakteristik
Teori
Adapun apa yang telah terjadi diantara stimulus dan respons
itu dianggap tak penting diperhatikan sebab tidak bisa diamati. Yang bisa
diamati hanyalah stimulus dan respons.
Langkah
Penerapan Dalam pembelajaran
1. Menentukan tujuan-tujuan
Instruksional
2. Menganalisis lingkungan kelas yang
ada saat ini termasuk mengidentifikasikan "entry behavior" peserta
didik (pengetahuan awal peserta didik)
3. Menentukan materi pelajaran (pokok
bahasan)
4. Memecah materi pelajaran menjadi
bagian-bagian kecil (sub pokok bahasan, sub topik)
5. Menyajikan materi pelajaran
6. Memberikan stimulus yang mungkin
berupa : pertanyaan (lisan/tertulis) tes, latihan dan tugas-tugas
7. Mengamati dan mengkaji respon yang
diberikan
8. Memberikan penguatan / reinforcment
positip atau negatif
9. Memeberikan stimulus baru
10. Mengamati dan mengkaji respon yang
diberikan
Memberikan penguatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar